Kerentanan Pada Windows 10, Update Windows Kamu Sekarang

Kerentanan Pada Windows 10, Update Windows Kamu Sekarang

by DapurTeknologi

Pengguna Windows 10 di harap untuk memastikan PC mereka di update sepenuhnya. Karena ada 44 kerentanan yang telah di perbaiki dalam peningkatan terbaru, ada 3 kerentanan yang di anggap critical.

Pengguna Windows 10 harus memastikan perangkat mereka sepenuhnya di perbarui dengan perbaikan terbaru dari Microsoft. Perusahaan Redmond baru saja merilis sejumlah peningkatan yang memperbaiki banyak bug, dengan beberapa bug di anggap sangat serius sehingga bug tersebut di beri peringkat “critical“.

Baca Juga :

Mungkin yang paling berbahaya dari semuanya adalah ancaman yang secara aktif di eksploitasi oleh peretas. Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa, penyerang telah berhasil menemukan kelemahan dalam sesuatu yang di sebut “Windows Update Medic.”

Ini adalah tambahan yang relatif baru untuk Windows 10 yang telah di buat untuk berjalan di latar belakang. Dan memperbaiki komponen Pembaruan Windows dari kerusakan. Itu berarti komputer dapat terus menerima pembaruan penting setiap saat.

Pada halaman statusnya, Microsoft mengatakan bahwa eksploitasi telah terdeteksi pada kerentanan ini. Dan sedang di gunakan secara liar oleh peretas, meskipun tidak jelas berapa banyak pengguna Windows yang sejauh ini telah terpengaruh.

Seiring dengan ancaman baru itu, Microsoft juga telah memperbaiki kelemahan Print Spooler. Pengguna Windows 10 mungkin ingat bahwa beberapa PC mengalami masalah bulan lalu setelah rilis bug “PrintNightmare” . Masalah terkenal itu memiliki kemampuan untuk memungkinkan peretas mengambil kendali penuh atas PC dan hampir seserius yang bisa terjadi.

Baca Juga :  Oppo A16 dirilis di Indonesia, Baterai 5.000mAh Harga Terjangkau

Tidak jelas apakah tambalan baru ini ada hubungannya dengan ancaman sebelumnya atau apakah itu masalah baru yang telah di temukan.

Apa pendapat Anda tentang Windows 10?

Dalam sebuah posting tentang keamanannya. Microsoft mengatakan ‘Kerentanan eksekusi kode jarak jauh ada ketika layanan Windows Print Spooler melakukan operasi file yang di istimewakan secara tidak benar. Seorang penyerang yang berhasil mengeksploitasi kerentanan ini dapat menjalankan kode arbitrer dengan System privileges. Penyerang kemudian dapat menginstal program, melihat, mengubah, menghapus data, atau membuat akun baru dengan hak Administrator. Microsoft telah menyelesaikan penyelidikan dan telah merilis pembaruan keamanan untuk mengatasi kerentanan ini.’

Patch baru ini memiliki fitur perbaikan untuk 3 kerentanan 0 day dan total 44 kelemahan sehingga sangat layak untuk memeriksa PC kamu.

Berbicara tentang rilis tersebut, Aaron Drapkin, Pakar Privasi Digital di ProPrivacy mengatakan ‘Sangat melegakan melihat Microsoft merespons segera dan memperbaiki 44 kerentanan keamanan.’

Salah satu kerentanan keamanan yang di manfaatkan adalah CVE-2021-36948 yang terkait dengan layanan baru bernama Windows Update Medic. Ini biasanya di sebut sebagai privilege escalation vulnerability karena memungkinkan peretas pada akhirnya mengambil kendali atas seluruh akun pengguna dan pastikan mereka tidak di ikuti saat mereka melakukannya.

Jika kamu pengguna Windows, di sarankan untuk mengunduh pembaruan yang tersedia sesegera mungkin.

Pastikan kamu mencadangkan atau membackup semua informasi penting terlebih dahulu, sebelum memperbarui Windows 10. Untuk menjaga jaga jika terjadi sesuatu pada proses pembaruan.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini. Setuju Read More

Privacy & Cookies Policy