Dampak dari Menutup Laptop Tanpa di Shutdown

Dampak dari Menutup Laptop Tanpa di Shutdown

by DapurTeknologi

Dampak apa yang akan terjadi jika menutup laptop tanpa di shutdown terlebih dahulu?

Kebanyakan orang tidak berpikir dua kali sebelum menutup laptop mereka. Masalah ini sering di anggap sebagai hal sepele oleh kebanyakan orang.

Menutup laptop secara langsung adalah cara yang sangat efisien dan mudah untuk menghentikan sementara pengoperasian.

Tahukah Anda apa yang terjadi ketika Anda menutup laptop tanpa di Shutdown? Siapa yang tahu, mungkin itu bahkan tidak mati. Ini masuk ke mode sleep, atau mungkin layar tetap menyala sepanjang waktu.

Apa Dampak dari Menutup Laptop Tanpa Shutdown

Jika Anda tidak benar-benar menekan tombol power dan mematikan laptop Anda sendiri, maka laptop itu tidak akan mendapatkan istirahat.

Dalam istilah yang paling sederhana, laptop akan memasuki mode Sleep. Mode Sleep di laptop di rancang untuk mengonsumsi daya yang sangat kecil, tetapi tetap akan menjalankan semua hal penting.

Misalnya, ketika Anda membuka layarnya lagi, Anda akan menemukan bahwa semua aplikasi yang berjalan di laptop Anda masih aktif. Setelah anda menghidupkan layar, pengoperasian dengan daya penuh akan berjalan kembali.

Baca Juga :

Jika Anda sedang melakukan pengeditan melalui photoshop, itu akan tetap terbuka. Semua pengaturan akan tetap berjalan normal, dan semuanya akan di lanjutkan dari awal anda menutup laptop. Artinya, cache RAM Anda masih terisi dan chache tidak akan terhapus, sampai anda me-restart laptop.

Anda dapat mengontrol apa yang terjadi pada laptop, setelah Anda menutup layarnya. Pada dasarnya, ada tiga pengaturan yang dapat di atur pada laptop untuk mematikannya.

  • Anda dapat memilih untuk Hibernate pada laptop
  • Bisa juga memilih mode Sleep
  • Anda dapat juga Shutdown laptop sepenuhnya
Baca Juga :  Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10

Mari Kita Bahas dari Tiga Pengaturan Yang di Atas:

Hibernate: Ketika Anda meletakkan laptop dalam mode Hibernate, laptop akan menyimpan semua data di harddisk. Semua informasi yang tertulis di RAM akan di pindahkan ke harddisk, sehingga laptop dapat melanjutkan operasi dari saat kalian meninggalkannya.

Ini adalah pilihan yang sangat tepat ketika Anda ingin menyimpan status operasi saat ini dan melanjutkan setelah beberapa saat. Tapi, Anda harus tahu bahwa mode hibernate membutuhkan waktu, laptop akan membutuhkan beberapa detik setidaknya untuk menulis semua data ke harddisk dan menyimpannya.

Mode Sleep: Ini adalah mode yang paling umum. Ini adalah salah satu yang di konfigurasi secara default. Semuanya akan dalam posisi diam dan istirahat. Saat Anda menutup layar, tidak ada daya yang di gunakan. Dan ketika Anda mengangkat layarnya kembali, semuanya akan menjadi hidup dalam sekejap. Media yang berjalan, perangkat lunak, dan aplikasi akan tetap berjalan.

Shutdown: Yang ini cukup jelas. Setelah Anda menutup layarnya, laptop akan mati. Semua aplikasi dan file yang terbuka akan segera ditutup dan laptop akan mati.

Apakah Buruk Menutup Layar Laptop?

Seperti yang Anda baca, tidak buruk sama sekali untuk menutup layarnya. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda telah mengkonfigurasi pengaturan pada laptop Anda. Buruk jika Anda mematikannya secara otomatis tanpa menyimpan data Anda, jadi itu salah satu pengaturan yang tidak boleh Anda konfigurasikan di perangkat.

Laptop modern di rancang untuk mengkonsumsi daya yang jauh lebih sedikit dan sangat dapat di sesuaikan. Dengan sistem operasi yang tepat, Anda dapat memutuskan perubahan apa pun yang ingin Anda buat pada komputer Anda tanpa harus khawatir tentang apa pun.

Baca Juga :  Xbox Game Pass Termurah di Agustus 2021

Anda harus menghindari segala jenis tumpahan di laptop. Meskipun laptop sekarang dilengkapi dengan keyboard tahan tumpahan, selalu ada risiko laptop Anda mengalami kerusakan jika ada cairan yang merembes.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini. Setuju Read More

Privacy & Cookies Policy