Cara Mendinginkan CPU Supaya Tidak Panas Saat Bermain Game

Cara Mendinginkan CPU Supaya Tidak Panas Saat Bermain Game

by DapurTeknologi

Jadi, seberapa panas CPU dan GPU di komputer kamu saat bermain game? Dalam kondisi penggunaan normal, suhu CPU harus tetap di bawah 75°C atau 167°F. Suhu kemungkinan akan naik jauh di atas ini saat menggunakan PC untuk tugas yang lebih berat seperti mengedit video, atau bermain game.

Baca Juga :

Beberapa hal lain membuat CPU atau GPU lebih cenderung menjadi terlalu panas, termasuk akumulasi debu, aliran udara terbatas dalam casing, dan pengaturan yang tidak diperhatikan. Bergantung pada penyebab masalah yang sebenarnya, berikut adalah beberapa solusi yang mungkin kamu terapkan untuk menurunkan suhu CPU atau GPU.

Bersihkan Komputer

Seiring waktu, debu akan menumpuk di komponen bagian dalam komputer. Ketika debu menumpuk di GPU, itu membentuk lapisan isolasi yang menghalangi pendinginan komponen yang tepat. Sekali lagi, akumulasi partikel debu pada kipas dan komponen CPU lainnya juga dapat membatasi aliran udara.

Ini akan ada gilirannya, menyebabkan CPU menjadi lebih panas. Efek ini bahkan lebih signifikan di laptop karena mereka hanya memiliki ruang terbatas di dalam casing. Cara terbaik untuk menghilangkan lapisan debu ini adalah dengan meniupnya.

Kamu dapat menggunakan sekaleng udara bertekanan untuk meniup debu, beri perhatian khusus pada kipas. Jika sudah lama sejak terakhir kali kamu membersihkan komputer, Kalian mungkin juga perlu melepaskan graphic card dari motherboard dan membersihkannya menggunakan tisu.

Kelola Pengkabelan

Penataan kabel di komputer gaming kamu tidak harus sempurna. Namun, membiarkannya tersebar di seluruh casing juga dapat menghambat aliran udara. Jika kamu memiliki kabel yang menggantung di atas GPU dan komponen penting lainnya, udara yang mengalir di atasnya tidak akan dapat mendinginkannya secara efisien.

Dalam kasus seperti itu, kamu harus mempertimbangkan untuk merutekan ulang kabel yang bermasalah, dan jika mungkin mengelompokkannya sedemikian rupa sehingga tidak menggantung di atas GPU. Hal ini memungkinkan aliran udara yang efisien di atas GPU dan komponen CPU lainnya, yang menghasilkan pendinginan yang lebih baik.

Baca Juga :  Beginilah Cara Mencegah Serangan Ransomware

Terapkan Kembali Thermal Paste

Thermal Paste harus diterapkan di antara unit pendingin dan permukaan CPU atau GPU yang bersentuhan. Pasta ini diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan konduksi panas dari GPU atau CPU oleh heat sink.

Seiring waktu, pasta termal akan terdegradasi dan menjadi kurang efisien dalam menghantarkan panas. Ini juga dapat menyebabkan suhu naik di atas suhu CPU normal saat bermain game. Untuk menurunkan suhu, Anda perlu menghapus lapisan pasta termal yang terdegradasi dan menerapkan lapisan baru.

Langkah-langkah berikut akan membantu kalian:

Pertama, Singkirkan Pasta Termal yang Terdegradasi

Ikuti petunjuk pada panduan pengguna kamu untuk mencopot pemasangan kipas/pendingin, dan kemudian unit pendingin dari bagian atas CPU/GPU. Dengan menggunakan pisau silet, kikis perlahan sisa thermal Paste dari unit pendingin dan permukaan CPU/GPU. kalian kemudian harus menggunakan selembar kain yang dibasahi dengan alkohol isopropil 90% untuk menyeka kedua permukaan hingga bersih.

Kedua, Terapkan kembali Thermal Paste

Setelah membersihkan permukaan secara menyeluruh, oleskan setetes pasta seukuran ke permukaan belakang CPU. Selanjutnya, kamu harus memasang kembali unit pendingin ke CPU dan kencangkan sesuai dengan itu. Tekanan yang diberikan saat pengikatan akan menyebarkan thermal paste secara merata di kedua permukaan.

Tingkatkan Pendingin CPU

Jika metode yang dijelaskan di atas tidak membantu menurunkan suhu CPU, kamu harus mempertimbangkan untuk meningkatkan ke solusi pendinginan yang lebih baik. Dalam hal ini, membeli kipas GPU aftermarket yang bagus akan membantu. Jika kamu mampu membelinya, sistem pendingin air GPU akan melayani dengan lebih baik.

Memfasilitasi Aliran Udara Yang Lebih Baik

Ada beberapa hal yang dapat mengganggu aliran udara di dalam casing CPU. Jika ini terjadi, mungkin akan mengalami titik mati, di mana udara tidak mengalir seefisien yang seharusnya. Tergantung pada masalah yang ada, solusi yang berbeda dapat diterapkan untuk memfasilitasi aliran udara yang tepat, termasuk :

Baca Juga :  7 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik

Dapatkan Casing Baru yang Lebih Berventilasi

Casing komputer kamu mungkin tidak memiliki ventilasi yang baik untuk mempertahankan aliran udara yang diperlukan untuk pendinginan CPU yang efisien. Jika demikian, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli casing yang lebih besar yang berventilasi baik untuk meningkatkan aliran udara di sekitar komponen vital.

Untuk mengetahui apakah kalian memerlukan kasing yang lebih besar, kamu dapat melakukan ‘Uji Kasus Terbuka’. Coba mainkan game di komputer selama beberapa waktu, dan biarkan GPU berjalan selama 5 hingga 10 menit dengan casing tertutup. Setelah periode ini, periksa dan catat pembacaan suhu CPU dan GPU.

Sekarang ulangi ini dengan kasing terbuka, lalu bandingkan pembacaan suhu. Jika perbedaan antara pembacaan suhu signifikan, kasing yang lebih besar dengan lebih banyak kipas akan berguna.

Tambahkan atau Ganti Kipasan

Sebagai aturan praktis, kamu harus memiliki cukup kipas untuk semua slot kipas di dalam casing. Jika ada slot yang kosong, kalian perlu mendapatkan kipas yang tepat dan memasangnya sesuai dengan itu. kamu juga harus memeriksa untuk melihat apakah ada kipas yang rusak atau berjalan lebih lambat dari yang seharusnya. Jika salah satu kipas tidak berfungsi, ganti dengan yang bagus.

Nonaktifkan Overclocking

Overlooking melibatkan kalibrasi memory dan CPU pada komputer untuk meningkatkan kecepatan jam, di luar kecepatan yang direkomendasikan oleh pabrikan. Dengan demikian, tegangan operasi untuk CPU juga akan meningkat sesuai untuk mempertahankan peningkatan kinerja.

Meskipun ini merupakan peningkatan, ini juga akan menyebabkan CPU atau GPU menghasilkan lebih banyak panas. Karena itu, tidak disarankan untuk mengabaikan komputer game sampai kamu meningkatkan sistem pendingin. Agar pengaturan overlooking berfungsi, kamu perlu berinvestasi dalam kipas GPU aftermarket yang bagus, atau lebih baik lagi sistem pendingin air.

Jika kamu tidak memilikinya, Overlooking hanya akan menyebabkan CPU menjadi terlalu panas. Untuk memperbaiki masalah, kalian harus menonaktifkan pengaturan yang Overlooking. Jika kamu masih mendapatkan pembacaan suhu CPU yang tinggi setelah mengatur ulang jam ke default, kalian mungkin perlu ‘Underlock’ GPU.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini. Setuju Read More

Privacy & Cookies Policy