Mencegah Serangan Ransomware

Beginilah Cara Mencegah Serangan Ransomware

by DapurTeknologi

Ransomware adalah salah satu ancaman paling signifikan bagi banyak industri. Baik itu organisasi kecil atau perusahaan besar, tidak ada yang benar-benar dapat kebal dari serangan berbahaya ini. Ransomware dapat disamarkan dengan banyak cara sehingga tidak ada orang menyadari serangan itu. Dan ransomware sebenarnya menyerang sistem yang paling rentan.

Hanya satu klik yang salah dan tidak diverifikasi, dan semua data Anda dapat dienkripsi oleh pencuri dunia maya. Mengambil beberapa tindakan pencegahan adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri Anda dari serangan ransomware .

Baca Juga :

Sementara penyerang dunia maya mencari cara baru untuk menyusup ke sistem Anda, Anda hanya perlu bersabar dan fokus pada perlindungan ransomware.

Ini dia delapan cara bagaimana yang harus anda lakukan untuk menghindari serangan ransomware.

Mencegah Serangan Ransomware

Perbarui Antivirus Anda ke Versi yang Terbaru

Jika Anda ingin terhindar dari serangan ransomware, pastikan untuk selalu memperbarui perangkat lunak antivirus dan keamanan Anda. Selain itu, saat membeli antivirus baru, akan sangat membantu jika Anda mencari fitur dan add-ons yang mencoba mengenali dan mencegah perilaku mencurigakan.

Antivirus yang baik dan terupdate akan mencegah sistem Anda dari kerusakan akibat serangan siber.

Instal Pembaruan Patch Terbaru

Perangkat lunak dan sistem operasi yang kedaluwarsa lebih rentan terhadap serangan ransomware. Penjahat dunia maya percaya bahwa sistem yang ketinggalan zaman memiliki kerentanan yang dapat mereka eksploitasi dengan mudah.

Jadi, pastikan pembaruan patch terbaru Anda diinstal pada PC Anda. Perlu diingat bahwa tambalan terbaru akan memiliki peningkatan keamanan tingkat lanjut.

Baca Juga :  Headset Gaming Logitech G533 Software dan Driver

Selalu Backup Data Penting Anda

Informasi penting Anda lebih rentan terhadap serangan ini. Jadi, sebagai tindakan pencegahan, pastikan Anda memiliki cadangan data terbaru dan aman untuk file dan folder Anda.

Jika, PC Anda diserang oleh ransomware, Anda dapat dengan mudah membangun kembali dan memulihkan file penting dengan mudah.

Kenali Email Mencurigakan

Mengenali email yang mencurigakan adalah tindakan pencegahan terhadap serangan ransomware. Hindari email yang memiliki baris subjek aneh atau baris subjek terkait uang dan jackpot. Jika Anda tidak mengenali pengirimnya, ada baiknya untuk segera menghapus email tersebut.

Selalu memfilter Email

Ini sangat penting, pemfilteran akan memastikan bahwa staf Anda tidak menerima penipuan phishing atau ransomware.

Jangan Pernah Membagikan Data Pribadi Dengan Siapa pun
Berbagi data pribadi adalah kesalahan lain yang dilakukan sebagian besar dari kita. Dengan membagikan data Anda, Anda memberi malware akses ke data penting, membuatnya lebih rentan terhadap serangan.

Penjahat dunia maya akan mendapatkan data Anda dan memanfaatkannya dalam email phishing untuk menargetkan orang-orang tertentu.

Jangan Pernah Membagikan Data Pribadi Dengan Siapa pun

Berbagi data pribadi adalah kesalahan lain yang dilakukan sebagian besar dari kita. Dengan membagikan data Anda, Anda memberi malware akses ke data penting, membuatnya lebih rentan terhadap serangan.

Penjahat dunia maya akan mendapatkan data Anda dan memanfaatkannya dalam email phishing untuk menargetkan orang-orang tertentu.

Isolasi Dari Jaringan Lokal

Jika Anda mencurigai ransomware di PC Anda, isolasi dan putuskan sambungan dari jaringan yang terinfeksi.

Ini harus dilakukan dengan cepat. Mengingat, jika Anda ingin melindungi sistem dari serangan, Anda perlu mengisolasi sistem lebih cepat daripada ransomware.

Enkripsi mungkin memakan waktu, jadi jika Anda memutuskan sambungan dari jaringan itu, ada kemungkinan file Anda aman.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik

Gunakan VPN Saat Menggunakan Wi-Fi Publik

Menggunakan VPN saat tersambung Wi-Fi publik adalah tindakan pencegahan yang luar biasa terhadap keamanan. Ini adalah perlindungan yang bagus terhadap evakuasi ransomware. Agar tetap aman, pastikan untuk menggunakan VPN yang dilindungi kapan pun Anda menggunakan Wi-Fi terbuka.

Saat kami menggunakan WI-Fi publik, sistem kami lebih rentan terhadap serangan cyber.

Nah itu dia cara mencegah serangannya, untuk kalian semua harap berhati-hati saat melakukan aktifitas diinternet. Dan selalu untuk menjaga data privasi diri Anda.

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini. Setuju Read More

Privacy & Cookies Policy