VPN

Apa itu VPN? Virtual Private Network

by DapurTeknologi

Sebuah virtual private network (VPN) memberikan privasi online dan anonimitas dengan menciptakan jaringan pribadi dari koneksi internet publik. VPN menutupi alamat internet protokol (IP) Anda sehingga tindakan online Anda hampir tidak dapat dilacak. Yang paling penting, layanan VPN membuat koneksi yang aman dan terenkripsi untuk memberikan privasi yang lebih aman.

Mengapa Anda membutuhkan layanan VPN?

Berselancar di web atau bertransaksi di jaringan internet yang tidak aman. Berarti Anda dapat mengekspos informasi pribadi dan kebiasaan menjelajah Anda. Itu sebabnya jaringan pribadi virtual, lebih dikenal sebagai VPN, harus menjadi keharusan bagi siapa pun yang peduli dengan keamanan dan privasi online mereka.

Pikirkan tentang semua waktu Anda bepergian. Ketika Anda masuk ke jaringan Wi-Fi pribadi yang memerlukan kata sandi, data apa pun yang dikirimkan selama sesi online Anda dapat rentan terhadap penyadapan oleh orang asing yang menggunakan jaringan yang sama.

Enkripsi dan anonimitas yang disediakan VPN membantu melindungi aktivitas online Anda. VPN juga membantu menjaga penjelajahan web Anda tetap anonim.

Bagaimana VPN melindungi alamat IP dan privasi Anda

VPN pada dasarnya membuat terowongan data antara jaringan lokal Anda dan simpul keluar di lokasi lain, yang jaraknya bisa ribuan mil, membuatnya seolah-olah Anda berada di tempat lain. Manfaat ini memungkinkan kebebasan online, atau kemampuan untuk mengakses aplikasi dan situs web favorit Anda saat bepergian.

Berikut adalah tampilan lebih dekat tentang cara kerja jaringan pribadi virtual. VPN menggunakan enkripsi untuk mengacak data saat dikirim melalui jaringan Wi-Fi. Enkripsi membuat data tidak dapat dibaca. Keamanan data sangat penting saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, karena ini mencegah orang lain di jaringan mengintip aktivitas internet Anda.

Baca Juga :

Ada sisi lain dari privasi. Tanpa VPN, penyedia layanan internet Anda dapat mengetahui seluruh riwayat penelusuran Anda. Dengan VPN, riwayat pencarian Anda disembunyikan. Itu karena aktivitas web Anda akan dikaitkan dengan alamat IP server VPN, bukan milik Anda. Penyedia layanan VPN mungkin memiliki server di seluruh dunia. Itu berarti aktivitas pencarian Anda mungkin tampak berasal dari salah satu dari mereka. Ingatlah, mesin pencari juga melacak riwayat pencarian Anda, tetapi mereka akan mengaitkan informasi itu dengan alamat IP yang bukan milik Anda. Sekali lagi, VPN Anda akan menjaga privasi aktivitas online Anda.

Baca Juga :  Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10

Privasi Apa yang disembunyikan VPN?

VPN dapat menyembunyikan banyak informasi yang dapat membahayakan privasi Anda. Berikut adalah empat di antaranya.

1. Alamat IP dan lokasi Anda

Siapa pun yang menangkap alamat IP Anda dapat mengakses apa yang Anda cari di internet dan di mana Anda berada saat mencari. Pikirkan alamat IP Anda sebagai alamat pengirim yang Anda masukkan pada surat. Ini mengarah kembali ke perangkat Anda.

Karena VPN menggunakan alamat IP yang bukan milik Anda, VPN memungkinkan Anda menjaga privasi online dan menelusuri web secara anonim. Anda juga terlindungi dari mengumpulkan, melihat, atau menjual riwayat pencarian Anda. Ingat, riwayat penelusuran Anda masih dapat dilihat jika Anda menggunakan komputer umum atau komputer yang disediakan oleh perusahaan, sekolah, atau organisasi lain Anda.

2. Riwayat penjelajahan Anda

Bukan rahasia lagi ke mana Anda pergi di internet. Penyedia layanan internet dan browser web Anda dapat melacak hampir semua yang Anda lakukan di internet. Banyak situs web yang Anda kunjungi juga dapat menyimpan riwayat. Browser web dapat melacak riwayat pencarian Anda dan mengikat informasi itu ke alamat IP Anda.

Berikut adalah dua contoh mengapa Anda mungkin ingin merahasiakan riwayat penjelajahan Anda. mungkin Anda hanya ingin membeli tiket pesawat untuk penerbangan bulan depan. Situs perjalanan yang Anda kunjungi tahu bahwa Anda sedang mencari tiket dan mereka mungkin menampilkan harga tiket yang lebih murah.

Ini hanya beberapa contoh yang terisolasi. Ingatlah bahwa penyedia layanan internet Anda mungkin dapat menjual riwayat penelusuran Anda. Bahkan yang disebut browser pribadi mungkin tidak begitu pribadi.

3. Perangkat Anda

VPN dapat membantu melindungi perangkat Anda, termasuk komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone dari pengintaian. Perangkat Anda dapat menjadi target utama bagi penjahat dunia maya saat Anda mengakses internet, terutama jika Anda berada di jaringan Wi-Fi publik. Singkatnya, VPN membantu melindungi data yang Anda kirim dan terima di perangkat Anda sehingga peretas tidak akan dapat mengawasi setiap gerakan Anda.

Baca Juga :  Dampak dari Menutup Laptop Tanpa di Shutdown

4. Menjaga kebebasan internet

Mudah-mudahan, Anda bukan kandidat untuk pengawasan pemerintah, tapi siapa tahu. Ingat, VPN melindungi dari penyedia layanan internet Anda yang melihat riwayat penelusuran Anda. Jadi Anda terlindungi jika lembaga pemerintah meminta penyedia layanan internet Anda untuk memberikan catatan aktivitas internet Anda. Dengan asumsi penyedia VPN Anda tidak mencatat riwayat penelusuran Anda (beberapa penyedia VPN melakukannya), VPN Anda dapat membantu melindungi kebebasan internet Anda.

Bagaimana VPN dapat membantu melindungi dari pencurian identitas?

Pencurian identitas terjadi ketika pencuri mencuri informasi pribadi Anda dan menggunakannya untuk melakukan kejahatan atas nama Anda. Seperti mengambil alih atau membuka rekening baru, mengajukan pengembalian pajak atas nama Anda, menyewa atau membeli properti. VPN dapat membantu melindungi dari pencurian identitas dengan membantu melindungi data Anda. Ini menciptakan terowongan terenkripsi untuk data yang Anda kirim dan terima yang berada di luar jangkauan pencuri dunia maya.

Jika internet smartphone Anda diaktifkan setiap saat, perangkat Anda bisa menjadi rentan tanpa Anda sadari. Aktivitas sehari-hari seperti belanja online, perbankan dan browsing dapat mengekspos informasi Anda, membuat Anda rentan terhadap kejahatan dunia maya.

VPN dapat melindungi informasi yang Anda bagikan atau akses menggunakan perangkat Anda. Itu sangat penting saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, di mana pencuri cyber di jaringan yang sama dapat menangkap kredensial login Anda dan nomor kartu kredit yang Anda ketikkan saat berbelanja online.

Apa yang harus Anda cari dalam layanan VPN?

Pasar VPN penuh dengan pilihan, jadi penting untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda saat berbelanja VPN. Pikirkan tentang apa yang penting bagi Anda.

Sumber : Norton

Related Posts

Leave a Comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini. Setuju Read More

Privacy & Cookies Policy